Senin, 28 Maret 2011

mengubah tampilan Blog kalian


Awalnya saya buat blog ini karena saya mengalami kesulitan dalam mengubah tampilan blog supaya terlihat lebih menarik lagi. Karena tampilan suatu blog akan memberikan kesan tersendiri bagi para pembacanya. Saya juga akan membahas bagaimana caranya merubah layout dan menambahkan beberapa halaman pada blog Anda di Blogger. Dengan langkah-langkah dibawah ini yaaaaa :

Langkah 1

Anda harus login dahulu pada akun Blogger, dan Anda akan masuk ke halaman Dasbor, kemudian klik Tata Letak.

Langkah 2

Dan sekarang Anda berada pada halaman Tambah dan Susun Elemen Laman. Pada template standar yang saya gunakan sebagai contoh, elemen halaman yang ada adalah Link dan Blog Archive.

Untuk menambahkan elemen halaman lainnya klik Tambah Gadget.

Setelah itu akan muncul jendela baru berisi daftar gadget yang bisa digunakan pada halaman blog .

Di dalam daftar tersebut ada keterangan dari setiap jenis gadget, pilihlah yang ingin Anda tampilkan dengan mengklik tanda (+) yang ada disamping setiap gadget. Maka pilihlah yang mana yang Anda mau .

Langkah 3

Mari kita coba tambahkan gadget Profil. Pada kondisi standar, judul gadget yang ditampilkan adalah ‘Mengenai Saya’, dan bisa merubahnya jika mau, jika tidak juga tidak ada masalah. Selanjutnya ketik informasi tentang diri Anda. Agar blog Anda bida digunakan sampai kapanpun dan agar mudah orang untuk mengetahui blog anda gunakanlah informasi yang sebenar-benarnya tentang diri anda.

Jika mengisi keterangan yang diinginkan untuk profil Anda rasa sudah selesai, klik SIMPAN. Sekarang, gadget Profil telah terpasang di halaman Tambah dan Susun Elemen Laman.

Jika ingin melihat tampilan blog Anda sekarang, klik tulisan Lihat Blog yang ada di bagian atas. Namun jika ingin menambahkan gadget lainnya klik Tambah Gadget.

Langkah 4

Sekarang kita mencoba untuk menambahkan gadget HTML/Javascript. Nah gadget ini dipakai untuk menampilkan sebuah elemen dengan format HTML/Javascript yang Anda buat sendiri dan bisa juga Anda dapatkan dari alamat lain. Contohnya jika Anda menambahkan counter untuk menghitung berapa kali jumlah blog Anda dibuka. Anda bisa menggunakan http://www.amazingcounter.com yang akan memberikan layanan counter secara gratis. Jika Anda sudah terdaftar di situs tersebut, Anda akan diberikan kode untuk di-copy ke bagian konten pada jendela konfigurasi HTML/Javascript. Setelaaaaaaaaah itu

Setelah mengklik tombol SIMPAN, maka susunan tampilan halaman blog Anda kini berubah menjadi seperti ini:

Anda juga bisa mengatur susunan gadget yang Anda tampilkan dengan cara meng-klik kotak gadget yang ingin Anda pindahkan, dan tarik gadget ke posisi yang Anda inginkan .

Langkah 5

Apabila semua gadget yang Anda inginkan sudah tersusun rapi dan sesuai dengan selera, klik Lihat Blog untuk melihat tampilan blog Anda sekarang.

Selain gadget-gadget dasar yang ditampilkan tadi, Anda juga bisa menambahkan gadget lainnya buatan pihak ketiga seperti gadget Twitter Update untuk menampilkan isi Twitter Anda atau gadget Flickr Photostream untuk menampilkan foto-foto Anda di Flickr.


sumber : canggih bersama teknologi, gramedia pustaka

Tidak ada komentar :

Posting Komentar